Tuesday, May 11, 2010

TRIPLE X: Rock for Fun

Who? Triple X? Saya cukup tertegun ketika mendengar nama ini, karena sangat catchy terdengar ditelinga dan padanan kata Triple dan X seolah mengarahkan saya kepada sesuatu yang bersifat nakal, kasar dan punya kualitas "fuck you attitude".

Band yang telah berdiri semenjak tahun 1991 ini telah mengalami beberapa perubahan nama, serta pergantian personal, namun Triple X tetap bertahan sebagai salah satu kekuatan utama di belantika hardcore/punk, khususnya Jakarta. Rock for fun menjadi sebuah fondasi, yang kemudian terlihat jelas pada performa mereka yang tidak kenal kompromi, fun and fearless, lengkap dengan mic grabbing dan stage diving tentunya. Aura panggung yang memang begitu menyihir, sehingga membuat saya enggan untuk lepas pandang, style musik yang dibawakan juga tetap berbasis pada band2 yang berada pada kurun waktu 80an, sehingga energi yang terasa menjadi berlipat ganda.

Triple X tidak berkompromi soal musik mereka, dan mereka tau persis apa yang mereka mainkan, sebuah idealisme yang sulit bertahan ditengah gempuran berbagai jenis trend yang melanda komunitas musik di Jakarta, but these dudes manage to keep it going and rock it hard, as always! Triple X tidak berdiri diatas politik apapun selain kata "FUN", dan hal itupun yang saya rasakan setiap kali melihat mereka. Kombinasi musik berdurasi cepat dan lirik yang repetitif, menjadi sebuah kelebihan yang justru diperlihatkan oleh Triple X, inspirasi yang berasal dari 80s hardcore punk kerapkali menjadi driven-force tersendiri bagi band yang berbasis di Jakarta Timur ini. Lantunan serta hentakan drum yang begitu menggebu, dipadu dengan aksi teatrikal ala Dead Kennedys, menjadikan band ini sebagai salah satu kolektif kreatif yang paling saya nanti2kan pada setiap performanya.

- BIG J.

No comments:

Post a Comment