Friday, June 18, 2010

Weekend Post - Congkak Culas

Kali ini ada sedikit cerita dari Congkak Culas tentang flyer Hard Fest ke 2 dan 3, kalo kamu inget, flyer Hard Fest 2 adalah flyer yang sangat amat menyita perhatian para penikmat musik hc/punk pada waktu itu. Maklum, tahun 2005-2006 itu lagi booming - boomingnya musik emo, emocore, atau apalah itu, dan di flyer itu digambarkan dua orang yang berdandan, katakanlah 'emo' sedang diincar oleh tengkorak yg berdandan ala hc kid, kontan flyer itu menjadi topik perbincangan yang heboh di sebuah forum di myspace, malahan terdengar kabar kalo si designer menerima ancaman-ancaman dari pihak yang merasa dilecehkan. Terlepas dari masalah flyer, Hard Fest 2 buat saya pribadi adalah salah satu momen yang akan selalu saya ingat, selain karena FOC main untuk pertama kalinya, bisa jadi itu adalah Hard Fest dengan jumlah penonton terbanyak. So guys, if you wanna know why Congkak Culas made the flyers, check this one out.

-Mr Mosh/UxB-





Hardfest 2 kayanya sudah cukup menggambarkan sih apa yang pengen gue tujuin. Dimana pada saat itu orang banyak yang ngikutin trend emo. sebenernya sih gak apa lo doyan emo atau apalah genre2 music yang lain, tapi sejauh pemandangan gue pada waktu itu banyak yang ikut2an dan ujung2nya gak ngerti apa2. Temen gue ada yang bilang ama gue "Biarin lah jon, toh seleksi alam akan terjadi" dan jawaban gue "iye seleksi alam emang akan terjadi...gue cuma bantu biar lebih cepet aja"




Hardfest 3 ini sebenernya lebih gampang di jabarkan. ini adalah lanjutan dari yang ke 2. bukan bermaksud menggurui tapi dengan design yang ini nunjukin kalo banyak yang harus kita pelajari tentang hardcore, bukan sekedar music doang tapi historis dan ideologinya (SxE,Vegan). dan di era itu the term hardcore sounds macho, dan banyak band2 "JELAS" yang gunain kata Hardcore, pas denger bandnya main....mana Hardcorenya?? yang gue liat
band ngangkang kaya kodok main instrumentnya terus lagunya gak jauh ke chugga-chugga-wee-shit terus ending ke scream yang kedengerannya YA! YA! YA! YA!. kalo itu hardcore lo...ya terserah gue gak nyalahin. tapi itu bukan hardcore yang gue kenal pada umumnya.
terlahirlah kata2 "Death To False Hardcore"
gue ngga claim gue yang ciptain tagline tersebut. tapi cukup mereprentasikan keadaan waktu itu.

Congkak Culas.

5 comments:

  1. iye yeh...ternyata setelah dibaca emang rada kurang panjang...ya maklum lah lagi sakit :p

    ReplyDelete
  2. death to false hardcore???????????
    hmmmmmmmmm.........please live in my town...hardcore is booming, or just say growing up here.....

    ReplyDelete
  3. emang harus gitu jon kalo mau bikin poster gig. ada sindirannya, gw juga suka bikin yg begitu.. wkakaa...nice poster btw.

    ReplyDelete