Wednesday, November 9, 2011

Repost: Interview w/ Uncle G

Menemukan postingan ini beberapa minggu yang lalu, an interview with Uncle G (Firstnote Recs) done by my fave Medan dude, Itoki of Madafaka Recs. Check it out!
-Mr Mosh/UxB-

Mirzie adalah orang di balik firstnote records, yah records yang merilis banyak band-band hardcore yang tidak asing dan berbahaya. Dia juga personil band hardcore asal Jakarta, Looserz. Dan kali ini aku melakukan interview melalui media hand/smart phone.

Jadi mirzie pertama kali saya tau kamu adalah foundernya firstnote records dan di susul oleh personil Looserz,gimana sih history kedua hal itu?
Hmmmm…saya juga salah satu co-founder Looserz, yang di bentuk pada tahun ‘96 sewaktu saya masih di SMA. Dengan personil awal Gepay, Herry, (alm) Mario, Dede dan saya. Setelah 2 tahun, a handful of shows, recorded a couple of tracks (satu lagu untuk kompilasi Rebel Brothers dan satu lagu untuk kompilasi Struggle Life Crew, yg sampai sekarang belum pernah di rilis…mungkin one day ya..). Saya pindah ke Sydney. Looserz masih berjalan tanpa saya, dengan ditambah additional gitar David dari band Daily Feedback. Dan sampai pada formasi sekarang. Saya, Sacha, Arya dan Bonny. Dengan formasi sekarang Looserz sedang menulis lagu-lagu yang insya Allah akan dipakai untuk split cd dengan Final Attack. Mudah-mudahan, masih on schedule neeh hahahaha…

Dan di Sydney-lah ide untuk bikin record label sendiri terlahir. Dengan harapan untuk merilis band2 yang saya pribadi suka. Dan band2 nya punya the ‘right’ attitude pastinya, Tapi firstnote sendiri terealisasi setelah saya balik ke Jakarta, yaitu pada akhir 2007. Semenjak disana pun saya dah mulai meminta band2 untuk mengirim demonya. Salah satunya adalah Final Attack. After hearing them the first time..that’s it, gotta get them on Firstnote’s bill. After few releases, Firstnote kinda taking a break…dengan semakin sibuknya kehidupan personal saya, saya hold labelnya. Tapi sekarang sudah ada beberapa rilisan lined up, so fingers cross…Firstnote is back! :)
Jadi Looserz sendiri terkenal dengan istilah negative hardcore, apalagi setelah Dead Vertical datang ke medan istilah negative hardcore semakin in,bisa jelasin gak maksudnya negative hardcore?

Hahahaahaha…ini history di Looserz yang saya tidak ada andil hahahaha…jadi saya sama sekali tidak bisa komen..oh iya saya lupa, formasi looserz sempat seperti ini “Dead Vertical + Mario = Looserz”

Di Firstnote sendiri konsep atau tema apa yang kamu coba sampaikan sebagai legacy?

Legacy? Gak ada bayangan untuk meninggalkan sebuah legacy lewat Firstnote seh, kalo boleh terus terang, Firstnote terlahir dari ego saya, dengan hanya mau merilis album/ep hanya dari band yang saya suka, tidak dari pendapat-pendapat orang lain. Syukur2 anak-anak yang beli rilisan Firstnote punya taste yang sama dengan saya.:)

Ada satu hal dilema yg pernah aku rasain, misalnya terkadang kita memutar ulang ego kita untuk merilis materi sebuah band mungkin hanya karena pertemanan, pernah merasa hal yang sama?

Itu pasti…di scene yg sekecil ini itu tidak bisa di cegah hahahaha…dimana-mana seperti itu pasti ada kok, tergantung kita menghandle-nya. Seperti pisau 2 mata, disatu sisi mungkin memang kamu melihat potensi band teman kamu itu dan memang ingin melihat band itu merilis sesuatu, kasarnya biar gak mubazir hahahahaha…di sisi yang lain mungkin karena peer pressure? They know you run a label and they kinda ‘pushed’ you to signed their band..kata ‘pushed’ mungkin terlalu kasar tapi tau lah maksud saya yaa? Ahahahahaha, Jangan takut bilang ‘tidak!’ Atau ngasih pendapat yg jujur ke mereka.

Bicara mindset hardcore dalam aspek sound dan musik, sebuah fenomena yang aneh terjadi akhir-akhir ini saat sound hardcore di identik dengan sound yang tebal rapi dan cadas, bagaimana dengan hal itu?

Hardcore gak ada batesan sound tipis atau tebal, attitude that’s count! Kalo hardcore sekarang identiknya seperti itu ya sah-sah aja, seperti pertengahan 90an hardcore identik dengan ‘chugga-chugga’ nya…hardcore has many sounds, rugi kalo hanya mendengar satu ‘sound’ saja. :D
Oh ya aku ada rahasia, aku gak pernah ketinggalan sama rilisannya Firstnote :) , dan menurut aku Legitimate Threat adalah yang paling berpengaruh ke kehidupan aku, bagaimana dengan kamu?
Awesome! Hahahaha….Album Final Attack yg itu memang yg paling cepat sold out. Kurang dari 2 bulan kalau tidak salah. Dan kalau memang itu album yg sangat berpengaruh buat kamu… my job is done!. That album was set the bar a bit higher as far as the production and the quality go…
I’m proud to be apart of that album. A small part nonetheless. All praises go out to the band as they should.

Kalau aku update-update banyak band band hardcore/punk sedang sibuk menyiapkan materi-materi, jadi apa yang kamu perhatikan baru-baru ini?:)
Good news kan brarti hahahaha makin banyak band yg produktif bikin scene kita lebih hidup!
Ohhh dan lebih variatif ‘sound’ nya…love it! Kemaren2 ini aku baru dpt cd-nya No One Cares yaa kalau tidak salah…sick! Fukkin love it..

Jadi masalah bentuk rilisan, kalau Firstnote selain cd ada rencana yang lain?
Oh ya, gimana menurut mirzie keberadaan scene medan di jawa?
Next release dalam bentuk kaset :) Wicked Suffer/Alice split tape. Kalo pribadi dan ini pendapat setelah ngobrol-ngobrol dengan anak-anak, dari semua scene di luar jakarta atau jawa saat ini medan yang lagi aktif…Which is a good thing!, I heard nothing but good things about the medan scene.

Oh ya kalau ada anak anak mau ngirim demo ke Firstnote gimana? terus mau update. Mungkin rilisan dan merch?
Fukk yeah kirim ke: Mirzie jl. Mahoni Gg. Randu no 14 senen-jakarta pusat 10460 as for updates…hmmm…you’ll hear about it! Hhahahahaha

Dan satu lagi satu film satu album dan satu rilisan Indonesia yang di dengar?
Film: Tanda Tanya, album: Passion Is The Reason by Straight Answer, rilisan (by firstnote records?) : Legitimate Threat by Final Attack, or Morbid Nation by Grave Dancers

last, kenapa “Firstnote ?”
A song always start with that one note…the firstnote.

ps: check the original posting in here: http://blckxshdw.tumblr.com/

2 comments:

  1. waaah mas united blood (maaf gatau mau panggil apa) blognya bagus nih,banyak info yang baru saya tau,Posting berbobot.
    please visit my blog at : http://moshybosy.blogspot.com/
    thanks..cheeeeers :D

    ReplyDelete