Thursday, May 3, 2012

Interview w/ Dodski

Its the weirdest post, hahaha.. Minggu lalu Uncle G of Firstnote Recs told me that he wanna give something for this blog, an interview. Saya selalu interest akan hal itu, selalu interest jika ada personal-personal yang datang ke saya dan mau berbagi sesuatu lewat blog ini, begitu juga dengan hal yang dilakukan Uncle G, tapi ini akan jadi sedikit aneh, karena yang menjadi korban interview kali ini adalah saya sendiri. hahaha.. Anyway, its not a big deal, simak interview yang dilakukan oleh Uncle G terhadap saya.

Here it is, the interview you've all been waiting for. The man behind United Blood Blog, some of you might recognize as the bass player from Brave Heart or the sixth member of Straight Answer :)
Dodi aka Dodsky aka Moshkid
-Uncle G/Firstnote-

- Tell me more about your self: age, marital status...hahahaha....etc
Hola! Saya dodi, some of my friend call me dodski, I dunno where my nickname came from, dan yakinlah kalo saya ga ada keturunan dari negara pecahan Uni Soviet yang kebanyakan memiliki nama akhiran nama –ski. Tahun ini genap punya umur sebanyak 26, belum menikah. I love talking and long conversation :D

- now the short history about UxB blog:
Diawali kegemaran browsing dan menemukan sebuah blog bernama Double Cross yang dikelola Tim Mcmahon (Mouthpiece). Blog itu berisi cerita-cerita era awal hardcore di US, jadi bisa dibilang, isinya adalah memori-memori tentang glorifikasi scene disana waktu itu, dan sebagainya. Nah, konsep blog itu lah yang mendasari gue untuk melakukan hal yang sama di scene local. Salah satu pemicu lainnya adalah, ketika gue menghadiri screening movie All Ages Party, sebuah film dokumenter tentang scene lokal, khususnya Jakarta Timur, yang dibikin oleh mas Adit The Jinxz dkk. Waktu itu gue makin ‘nekat’ buat bikin UxB, karena gue berpikir, kita emang butuh satu media yang bisa ‘menjembatani’ satu sama lain, apapun bentuk media itu, mengingat di tahun itu (2009) media-media seperti zine, webzine, dan sebagainya mulai langka. Dan memilih format blog karena factor kemajuan teknologi yang udah gak bisa dibendung, dan menganggap internet adalah cara yang (sekarang) paling efektif buat menyebarkan informasi.

- any chance UxB could evolves into record label?

Ga menutup kemungkinan sih, emang lagi berpikir ke arah situ. Semoga saja.

- if you do have a record label, which band you'd sign first and why?
BORED, this guys really impressed me. Ketika anak-anak muda (sekarang) seumuran mereka memilih untuk bikin ben hatkor dengan beat chugga-chugga dan ingin terlihat tuff guy, Bored lebih memilih buat memberikan kemarahan yang dibalut dengan sound cempreng ‘murahan’ nan minimalis. Sebuah pencerahan ditengah kemonotonan ben-ben yang baru muncul.

me w/ Uncle G

- what's with your Jakarta Crew tattoo, and why didn't you get it bigger?
Kembali ke hari dimana gue asik menyimak New York Crew-nya Judge, kemudian bertemu ‘sakaw’nya di-tattoo, menghasilkan Jakarta Crew tattoo di paha kiri saya. Segede itu aja udah cukup kayaknya, sakitnya ekstra kalo gede-gede hahaha

- you're a big fan of Moz ya? Ever had any gay dreams involving mr. Moz? Hahahahahaha
Im not a big fan, im a huge fan of Moz! hahaha..

- wanna share it with the rest of the class? :)
Hmm, apa yaa? Gue mengawali kegilaan Moz karena rasa ‘keberpihakan’ dia ke gue yang gue dapet dari lirik-lirik yang dia tulis, bukan cuma sekedar soal cinta melulu, tetapi tentang apapun. Kalo mimpi sama Moz sih honestly cuma sejauh mimpi kepengen nonton konsernya dia aja, yaa mengingat sosoknya dia yang agak picky dalam memilih negara-negara yang mau dikunjungi karena beberapa alasan seperti animal treatment dll. Makanya agak kaget ketika awal tahun kemarin dia announce tournya ke Asia, termasuk Indonesia. And surely, gue bakal ada paling depan buat ngeliat dia tanggal 10 Mei nanti, syukur-syukur kalo bisa colongan naek ke stage dan jadi Moz hugger, sah deh ke-Morrissey-an gue hahahha

- so braveheart finally have an album out, which was out last month or so...tell me about the album.
Yup, Release The Seal is officially released on September 2011. Satu proses yang cukup panjang karena masa rekamannya pun kita mulai di akhir 2010, tidak terlalu makan banyak shift, hanya saja mencari-cari waktu yang pas ditengah-tengah kesibukan masing-masing personil aja yang lumayan sulit. Semua materi dikerjain bareng-bareng, penuh semangat dan tekad yang kuat karena kegagalan di materi sebelumnya yang batal release. Dan juga ada masa dimana ketika proses recording, mixing dan mastering selesai, lalu kita bertemu dengan susahnya proses merilis karena udah kehabisan uang, sampe akhirnya setelah berkoordinasi sana-sini, kita bisa kerjasama dengan beberapa record yang mau ngebantu untuk ngerilis album ini.

- touring?
Belom ada kepastian soal ini, cuma kita udah punya planning buat tur jawa bareng A Thousand Punches, Final Attack, dan Grievance,  within this year. Dan juga berencana untuk main di Medan, tabungan sudah siap, tinggal men-sinkronisasikan waktu, sambil cari-cari tiket murah, doakan saja!

- before hardcore punk, where were you?
Remaja dengan tipikal anak nongkrong yang larut dengan gitar kopong bersanding tembang manis dari Slank dan Iwan Fals. Lalu kemudian larut oleh hingar bingar musik punk yang sering beredar di kamar abang tercinta, sempat keluyuran di gigs dengan dress ala Skinhead, karena saking seringnya dulu diajak salah satu abang gue nongkrong di Warriors Shop. Tapi itu semua sirna ketika mendapat pencerahan dari Youth Of Today yang dulunya cuma gue dengerin selewatan dan cuma sering melihat-lihat sleeve cd-nya tanpa mau menyimak lirik-liriknya yang pada akhirnya ngasih sudut pandang baru buat gue. 

- memorable show for you...
BANE tahun 2010 di Masberto Kingdom. Gak pernah kebayang mereka akhirnya dateng ke Jakarta. Salah satu ben yang menginspirasi banyak ben hace lainnya, dengan lirik yang sangat cerdas dan karakter musik yang jenius kalo boleh dibilang. Sekumpulan orang yang sangat-sangat humble untuk ukuran ben yang bisa dibilang legend. Acaranya pun bisa dibilang “bule” banget. Cuma dibuka oleh satu ben, yaitu Strike Hard, diselenggarakan di Masberto yang bisa dibilang CBGB-nya Jakarta, diadakan hari senin pula, tapi tetep banyak orang yang dateng dari Jakarta dan luar Jakarta, selesai show pun semua orang berkumpul di luar venue, hangin’ out and chillin’ together, awesome.

- top 5 local releases ?
  1. No One Cares – This Is Curse
  2. Final Attack – Legitimate Threat
  3. Hark Its Crawling Tar-Tar – Dorr Darr Gelap Communique
  4. Rajasinga - Rajagnaruk
  5. Thinking Straight – The Opposite Of Ordinary

- top 5 fave hardcore shirts of local bands (i need pictures for this)
Wah ini mestinya lebih dari lima dong, banyak nih favorit local tees gue, hahaha.. but its oke la, here’s my top 5 fave local hc tees in no particular order

 1. Feel The Burn – Sacred Heart

Ini adalah kaos pertama yang dicetak FTB, sesaat sebelom nyetak kaos ini, Widi minta ke gue buat bikinin font khusus FTB, dan seneng aja kalo akhirnya font yang gue bikin dijadiin font tetap mereka dan dicetak di kaos ini. Kaos ini dicetak dengan 2 versi warna, putih dan kuning. Sedangkan kaos yang gue punya, di-print di kaos berwarna oranye, one of a kind!

 2. Straight Answer – Passion Is The Reason Tour 2012

Tees ini terjual habis pada saat SA tur ke Malaysia awal tahun kemarin. Aca ngasih ini ke gue secara cuma-cuma. Sepulang dari Malaysia, kaos dengan design yang sama dicetak lagi, hanya saja, warna kaosnya tak sama dengan versi aslinya yang berwarna merah, dan yang membedakannya lagi adalah, tulisan: Passion Is The Reason Malaysia Tour 2012 dan 3 nama kota di bagian depan kaos. Di bagian belakang terdapat photo live, so classic, but still rule!
  
 3. Free Soul – The Return Of Hardcore

Gue dapet kaos ini dari seorang teman yang berdomisili di Bekasi, kaos ini dicetak sekitar tahun 2006 dengan jumlah yang sedikit. Free Soul adalah ben yang kemudian bertransformasi menjadi Hooded. White ink printed in dark grey tees, dan artwork di bagian depan adalah hasil karya Ken Terror (Domestik Doktrin).

4. Final Attack Crew – Fuck You!

Ini adalah hasil keisengan gue, terinspirasi oleh ben-ben yang merilis kaos khusus buat crew-nya. Ide itu yang kemudian gue sampein ke Indra dan doi pun meng-iya-kan, langsunglah gue garap designnya. Dicetak di kaos berwarna putih dengan tinta navy blue. Yang membuat special adalah kaos FA Crew punya gue, tidak di print di kaos putih, Uncle G mencetaknya di kaos berwarna biru muda khusus buat gue. Another one of a kind tees! Hahaha (ps: flash kamera membuat hasil warna kaos di foto terlihat berwarna putih :p )

5. Lost Sight – Faith In Me

Satu-satunya yang bikin gue seneng sama kaos ini adalah design finger print di bagian depan. Correct me if im wrong, tapi kayaknya ben lokal yang bikin kaos dengan design finger print itu ya cuma Lost Sight. Kombinasi warnanya pun ciamik, white shirt/black and red print. Gue dapet kaos ini tahun 2007, Beli langsung ke Sigit sepaket sama tiket All Ages Party.

Extra:
A Thousand Punch – Chain Of Strength rip off

Jadi kaos ini warisan dari Joneh yang sekarang gue pegang, dan Andra bilang ke gue kalo kaos ini adalah kaos pertama yang dibikin ATP, cuma cetak 2 pcs, yang satu lagi dicetak di kaos raglan dan disimpen sama Andra sebagai kenang-kenangan. Misty grey shirt, Chain design rip off, first tee ever, and now its mine. Great isn’t it? hahaha

- any shout outs?
Be true to your crew!


UnitedBloodXFirstnoteRecs

No comments:

Post a Comment