Wednesday, May 30, 2012

Repost: Interview w/ Andra Punch

 Mari kembali ke sesi interview, saya selalu tertarik dengan format interview, apalagi interview yang melibatkan teman baik saya. Karena saya menganut aliran: kamu tak pernah tau apa yang ada di pikiran teman baikmu. Simak interview dengan Andra Punch yang dilakukan oleh Itoki (Madafaka/Martyr/NOC), both are best friend of mine.
-Mr.Mosh/UxB-

A Thousand Punches (ATP) band Jakarta-Depok, band ini pernah merilis album pertamanya di tahun oleh Trueside. Sempat hilang kabar dan sekarang sudah mulai membuat geger lagi, bahkan mereka sedang proses rekaman album berikutnya. Pertama kali dengar mereka waktu duduk di SMA kelas 3, masih dengan cara yang sama melihat page Brave Heart dan check the list of top friends.
-itoki/Madafaka-






Halo Andra apa kabar? ATP merupakan band depok, alasan aku paling kuat untuk bilang ini musik kalian yang melodius dan aggresive seperti Thinking Straight, apakah memang ada karakter khusus di depok?

Halo bang ito, kabar saya baik :)
ya, awalnya memang ATP ini band yang berasal dari kota Depok karena semua membernya tinggal berdekatan di kota yang sama. hahaha. Sebenarnya sih ga ada karakter-karakter khusus atau ciri khas band-band yang berasal dari kota Depok, mungkin yang terlihat orang-orang hanya band-band Depok yang memainkan style melodic hardcore saja, jadi orang-orang menganggap band-band hc dari kota Depok itu pasti chord-chordnya selalu melodius dan harmonic. Tapi bila kita lihat lebih dalam sebenarnya ngga juga sih, banyak juga band-band dari kota depok yang memainkan style yang beda juga. Contohnya ada Paper Gangster yang dimana mereka masih memainkan 90’s style ala Earth Crisis dan Vision Of Disorder. Trus ada Taste Of Flesh yang bermain trashcore mixed dengan swedish hc pada awalnya, trus yg baru ada Stride, mereka memainkan music ala Hatebreed dan kawan2nya yang serem-serem itu dan di Depok sekarang banyak bermunculan band-band baru  yang canggih2. Tapi memang sih gue lihat mayoritas band-band di Depok itu masih didominasi oleh band-band youthcrew yang banyak sekali bermunculan.

Cerita awal mula dari scene depok?

Awal mula dari scene di kota Depok? haha..Seharusnya pertanyaan ini ditujukan kepada orang-orang di kota ini yang sudah ada lebih dulu di scene dari gue, ya pada awalnya sih banyak anak-anak disini yang bersekolah di satu sekolah yang sama, terus mereka dicekokin anak-anak dari Jakarta tentang apa itu punkrock, apa itu hardcore, dikasih copian kaset-kaset hc yang saat itu susahnya minta ampun. Bingung mau nyari kemana, so mulailah mereka datang ke show yang waktu itu sekitar pertengahan tahun 90an bertempat di Poster Cafe di Jakarta, setiap weekend pasti ada show disana. lepas datang ke show barulah mereka pede membuat band hardcore dan setelah band-band mereka itu jalan dan sering perform di Jakarta, barulah mereka kenal satu  dengan yang lain, yang ternyata mereka berasal dari kota yang sama. Dan akhirnya mereka pun hangout bareng, latihan bareng juga bikin kegiatan bareng sampai sekarang.

Proses rekaman album pertama dulu?

Kalo gue inget-inget lagi proses rekaman album pertama ATP sampai jadi album itu bisa dibilang bikin sedih sama bikin galau.. hahaha, kenapa? karena pada tahun itu kita bener-bener cuma lima anak muda yg hidupnya ga jelas,  kuliah ngga jelas, kerjaan apalagi. Uang juga susah, siang malam duduk-duduk dipinggir jalan ga jelas tapi saking senengnya kita sama musik hc punk dan pengen punya album sendiri kita sampai bela-belain kerja part time yang uangnya untuk bayar studio recording. Dan proses recording nya juga berjalan sangat lama sekali, hampir memakan waktu satu tahun. kalau ada extra uang lagi baru kita teruskan proses recordingnya. Ya gitulah semua karena itu tadi, musuh utama anak band adalah duit, LOL. Tapi beruntung ada teman kita dari Trueside Records yang alhamdulillah suka sama materi kita dan emang mereka best friend kita juga, mau ngerilisin album pertama kita dalam bentuk cd. Setelah proses recording selesai dan masuk proses penggandaan, adalagi masalah. Cd master kita dicuri orang yang ngga bertanggung jawab, kita cari orangnya tapi kabur-kaburan terus, bisa dibayangkan besoknya kita mau album release party waktu itu, sama Final Attack juga yang baru ngeluarin Legitimate Threat (album pertama), malamnya kita sama sekali  belum pegang cdnya, cuma covernya aja. Tapi akhirnya kita punya ide untuk burn sendiri aja cdnya dan kita print pake sticker cd dan kita bagi2in gratis di release party kita bareng Final Attack, setelah 1 minggu berjalan akhirnya dengan terpaksa kita kasih ke tempat penggandaan cd lagi hanya dengan cd yang diburn dari format mp3 yg hasilnya jauh lebih jelek dari master cd yang hilang itu. Tapi seneng juga ternyata banyak yg suka sama materinya :)

Terbentuknya ATP ?dan sekarang?
ATP terbentuk itu diawal tahun 2005, gue dan Hendro (drummer) iseng main ke studio dan jamming lagu-lagu dari Strife sama Donal (sekarang guitarist Thinking Straight) dan Ifan (ex Paper Gangster) juga ikut jamming pada waktu itu, nah berawal dari iseng itulah kita mulai bikin-bikin lagu sendiri, manggung dan bikin merchandise. Kalau line up sih sudah banyak ganti, member asli yang tersisa hanya saya dan Hendro saja karena memang awalnya gue dan dia yang buat. Guitarist dan vokalis kita yang sekarang (Dxdn dan Dwi) itu berasal dari White Minority (band oldschool hc dari jakarta selatan) yang sekarang sudah bubar, dan guitarist kita yg satu lagi (Ali) adalah member yg umurnya paling muda diantara kita, dulu dia punya band punkrock dan saya lihat dia suka ada di pit waktu ATP perform dan ternyata dia suka banget sama ATP, so akhirnya dia jadi member kita sekarang.

Aku sempat mengira ATP tidak jalan lagi, namun setelah menonton kalian di Hardfest 5, aku salah dan sekarang malah mau album ke dua itu gimana?

Yah seiring jalannya waktu, ada masa dimana kita jenuh, kita ingin hidup normal, kita ingin merasakan gimana jadi orang yg 8 to 5, intinya kita ingin mengejar ketinggalan-ketinggalan kita dalam hidup, trus pada saat itu beberapa member kita juga ada yg ingin menikah. Dapat pekerjaan baru yang lokasinya jauh dari kota tempat kita tinggal dan masih banyak lagi urusan2 yg bikin kita semua memutuskan untuk vakum dari kegiatan perngebenan. Tapi lepas kita vakum itu kita masih tetap hangout satu dengan yang lain, tapi setelah dipikir-pikir lagi ngapain kita hangout yang ga jelas, setelah urusan pribadi  kita masing-masing sudah beres barulah kita terusin lagi ATP.

Adakah tema khusus di atp?

Kalau bicara tentang konsep dan tema sih semua band juga pasti punya, yah ATP sama lah dengan band-band yang lain, yang pasti punya tema tapi itu semua tergantung mata, telinga dan mood kita aja mau bikin tema yang bagaimana.

Kalau aku dengar ATP kadang suka keinget Shai Hulud,apa yah influence ATP?

Sounds like Shai Hulud? oh really? hahaha, kalo bicara influence sih sebenernya kita ga ada batasannya juga, kita dengerin apa aja yg kita suka. Kita dengerin, kita serap trus kita modifikasi, ya cuma itu sih intinya dalam pembuatan lagu kita juga ga mau ribet, seperti harus sangat berskill lah, harus banyak melodi-melodi lah, hitungannya harus ganjil dan patah-patah lah. ribet kalo mikirin begituan yg ada lagunya ga jadi-jadi. hehehe

Bisa kasi bocoran mengenai gambaran album ke dua ATP?

Album kedua ATP yang bakal rilis ini berisi 9 lagu, yang pasti dari segi materi dan sound jauh lebih baik dari album pertama kita. Album yang bakal keluar ini bakal terasa lebih marah dan lebih sedih, tapi diusahakan untuk tetap terdengar simple dan sweet.

Kota yang paling kamu ingin datangi di indonesia?

Sumatera, jealous sama band-band sini yang udah perform disana, sama penasaran dengan kuliner-kuliner disana yang katanya sangat-sangat enak.

Band -band hardcore lokal recommend dari band andra?

Lost Sight - band yg orang-orangnya paling humble yang pernah saya temui. Dari sekian banyak band hardcore. Band inilah yang pit nya paling berbahaya menurut gue.

Final Attack - ketika orang-orang banyak yang membuat band-band youthcrew dengan standar kunci-kunci miring, 5 anak muda ini nekat bikin ben yang bener-bener beda dari yang lain. Terinspirasi dari band-band macam Madball, Negative Approach and Cro-Mags. Dan saya angkat topi untuk usaha mereka yg bener-bener gigih. Disaat Jakarta sedang didominasi oleh band-band metalcore dan screamo, dan scene hardcore pada saat itu sedang lemah lesu, mereka memutuskan membuat band ini pada saat seperti itu dan alhasil mereka tidak diterima dimana mana, tapi karena mereka cukup krezi, mereka organize show sendiri secara konstan sampai sekarang dan hasilnya scene hardcore sekarang sudah kembali ramai dan bergairah

Brave Heart - karena secara pribadi gue sangat suka dengan band-band hardcore yang ada melodi-melodinya. Dahaga gue seperti terpuaskan setelah melihat band ini pertama kali. Dan mereka masih menjadi teman baik gue sampai sekarang.

Thinking Straight - tua-tua keladi adalah kata yang pas buat menggambarkan band ini. Makin tua makin jadi, mereka ga hanya mengandalkan passion semata tapi juga concern dengan sound dan equipment. So mata sama telinga kita dimanjakan kalau kita melihat band ini perform.

Tanpa Batas - gue selalu teringat waktu band ini masih mengcover tembang-tembang dari Wide Awake. Saya juga sempat melihat first show-nya di kampus Universitas Indonesia. Pit yang benar-benar krezi. Dari semua band-band-nya E.D.M, Tanpa Batas lah yang paling saya suka.

Antiseptic - masih berasa seremnya kalo ngeliat band ini perform. Oh iya, gue sangat suka lagu yang flower of romance, jadi inget jaman sekolah dulu hehe

Step Forward - saya suka band ini era album pertama mereka.

Album band hardcore lokal recommend dari bang andra?

Final Attack - Length Of Time EP
Lost Sight - How The Stories End + Time Flies So Fast
Thinking Straight - The Opposite Of Ordinary
Blind To See - Sadar
4way split Tanpa Batas, White Minority, Confused dan Taste Of Flesh
No One Cares - This Is Curse
Straight Answer - Complete Discography
Step Forward - Stories Of Undying Hope

Jika ATP tour, band mana yang menjadi tandem favorite?
Final Attack, Brave Heart, Sense Of Pride, itu pasti bisa krezi kalo semuanya udah di dalam bus yang sama. hahaha

check the original post in blckxshdw.tumblr.com

No comments:

Post a Comment