Saturday, April 13, 2013

Interview w/ TENHOLES

Butuh waktu yang lumayan lama sampai akhirnya saya melempar sebuah surat elektronik ke sebuah band yang (memang) sudah lama saya “incar” untuk masuk di blog ini. Teringat ketika (bang) Andri Cepi yang juga partner saya di Moz Is The Reason melempar sebuah pertanyaan ke saya, “kapan dong Tenholes diinterview?”, yang kemudian berhasil menyulut rasa ke-curious-an saya sama ben ini. Cepi menantang saya untuk melakukan interview secara langsung bertatap muka, ah tapi memang saya terlalu malu dan minder (well saya bingung untuk memakai kalimat segan atau takut sih sebenernya :D).

Kembali ke sesi interview, sesi favorit saya selama mengerjakan blog iseng-iseng ini. Draft pertanyaan yang sudah saya bikin langsung dikirim ke email yang bersangkutan dan terbalaskan hanya selang satu hari setelahnya, impressive! Simak interview saya dengan TENHOLES, band celtic punk asal Jakarta dan dijawab langsung oleh si vokalis Ukien Bstrd. Ya, ini adalah kali pertama interview yang saya lakukan dengan band diluar hc/punk. But fuck it, enjoy mate!
-dodski/uxb-

 

"FYI : Pengejaan nama yang udah kita sepakatin adalah “TENHOLES” bukan “Ten Holes” penggunaan nama band, pengejaan, tanpa spasi dan font udah disepakatin dari awal Tenholes berdiri. Hehee..Karena ada perjanjian darah ketika nama itu diambil.. :p"

 

Menjadi salah satu ben yang bisa dibilang memicu trigger pergerakan Celtic Punk di Indonesia layaknya Dropkick Murphys, Flogging Molly, dkk, gimana rasanya?

Kita cuma beruntung bisa menjadi band yang lebih dulu bawain celtic punk dibanding band2 yang lain. Beruntung juga punya personil yang satu visi dalam bermusik. Kalo ditanya gimana rasanya, rasanya tuh luar biasa bangga banget. Walaupun masih banyak orang gak kenal Tenholes tuh band celticpunk. Kalo Ikat Kepala orang pasti kenal kalo mereka Celtic Punk, mungkin karena kita juga jarang banget full team perform dengan khas mandolin Tenholes.

 
Balik ke sekitar tahun 2006/2007 (saya lupa), waktu itu saya sempat mampir ke rumah Ambonasty, bersama abang saya, dan disitulah pertama kalinya saya mendengar materi Tenholes, Ambon memperkenalkan kepada kami,”ini band baru gue”. Entah kenapa, pada waktu itu banyak opini yang sama seperti apa yang saya pikirkan (waktu itu), Ten Holes adalah reinkarnasi-nya Overcast, menurut kalian? 

Yup! Itupun yang personil rasain, sebuah reinkarnasi Overcast kayanya emang  tepat untuk mewakili awal karir Tenholes. Image seorang Ambonasty kenceng banget buat dilepas dari bayang-bayang nama besar Overcast. Kalo orang denger single dan album pertama kita pun, nuansa musik Tenholes masih berasa karakter vokal AmboNasty yang Overcast banget. Walaupun udah berusaha keras untuk merubah image Overcast di lagu-lagu Tenholes. Keuntungannya adalah Tenholes lebih cepet dikenal sama scenester karena nama Ambonasty dengan Overcastnya dan nama besar Alm Botaka ex lead singer R.G.B. 

So how its all started? Tell us the whole story. 
Damn! Pertanyaan yang  jawabannya paling panjang nih..hahaaa, Kita coba jawab dengan singkat aja ya. Kisaran akhir tahun 2003, Alm Botaka dan Ambonasty punya cita-cita untuk membentuk sebuah band baru (kayanya sih atas dasar sakit hati sama band-band mereka sebelumnya...wkwkwk ini rahasia yaa). Ukien Bstrd menjadi salah satu orang yang beruntung diajak sama mereka untuk ngisi posisi drum. Awal-awal Tenholes memang Cuma murni bertiga, Ambon (Vox + Bass) Botaka (Vox+Gitar). Tapi karena ribet nyanyi sambil pegang bass kita akhirnya mutusin untuk cari bass player.  

Atas saran Ukien, Danny McBlewer eks Rebel Youth menjadi rekomendasi untuk isi posisi bass. Karena suatu hal Blewer mutusin untuk cabut dari band.Debi eks Punktat pernah isi kekosongan posisi bass. Dari segi musik Blewer menjadi salah satu personil yang ngeracunin Tenholes sama musiknya Dariopkick, sampai tercetus kalo Tenholes harus bawain Dropkick dengan musik Celticpunknya. Karena belum ada band yang berani juga untuk klaim Celticpunk saat itu di tahun 2004an. Atas dasar pilihan genre ini kitapun harus punya standar Celticpunk, yaitu  2 gitar player + 1 Mandolin player. Posisi Mandolin diisi sama Zury Mandolina eks vox Hustler (Band Oi! Pertama Cipinang sebelum Overcast).  

Kita pun cari additional gitaris yang sanggup mengcover keterbatasan skill alm. Botaka dalam bermain gitar hahaaa. Andarii / Cepy cukup lama bantuin kita. Karena keseriusan dan intensitas Cepi pun kita tetapin untuk jadi personil tetap. Barie adalah posisi bass player terakhir yang masih awet di Tenholes setelah Debi.Sepeninggal Botaka di akhir tahun 2006 posisi gitar hanya dihandle sama Cepy. Namun ketika kita akan mengerjakan sebuah Split Album project  sama Party Time. Kita mutusin untuk nambah personil untuk gantiin posisi almarhum. Kita pun memilih Okta eks lead gitar Overcast supaya kebutuhan suara strings di project itu terakomodir. (kalo mau baca detail histori Tenholes ada di tenholes.blogspot.com )

Koreksi jika salah, setelah sempat ‘diam’ cukup lama di circa tahun 2009-2010, sampai kemudian kembali aktif dan muncul dengan rotasi personil di beberapa lini, apa yang sebenarnya terjadi? 

Anjrit respect banget broo kalo United Blood udah sampe merhatiin kevakuman Tenholes dikisaran tahun itu. Tapi emang bener dikisaran tahu 2009-2010 kita kurang intens dari segi manggung maupun latian. Hal ini disebabkan oleh sibuknya jadwal kerja masing-masing personil. 

Ambonasty yang sedang mengejar karirnya sering banget ga bisa ketika Tenholes dapat ajakan main. Tenholes kaya kehilangan arah karena kondisi ini. Kita pernah beberapakali manggung dengan vokalis berbeda Apito dari H.I.V. sampe Irviano aka Nyo2 Burning Inside pernah bantuin kita. Kondisi ini juga bikin internal Tenholes banyak bermunculan konflik antar personil. Setelah 1 show di Rossi Musik acara yang dibuat sama Good Fellas. Disitu Cepi, Bari sempet ngobrol sama Dadan Jonsplay diluar Venue untuk gantiin Ukien Bstrd diposisi drum dan menunjuk Ukien maju kedepan untuk nyanyi. Malem itu jadi awal rotasi lineup Tenholes secara drastis.  

Atas dasar apa Ukien ditunjuk untuk maju kedepan kayanya yang bisa jawab Cuma Cepy dan Barie. Ga lama kemudian Ambonasty mengundurkan diri dikarenakan kesibukannya. Formasi terakhir Tenholes sampe saat inipun berubah menjadi Ukien (Vocals) Cepy (Gitar) Okta (Lead Gitar) BariOi! (Bass) dan Dadan Jonsplay (Drums). Formasi yang belum produktif menghasilkan lagu hahaa.


Tiada kata telat dan menurut saya masih banyak orang yang tertarik akan serunya pembuatan album dan rilisan. Mari ke album This Is Fun, This Is Oi!, This Is Ten Holes, bagaimana proses pengerjaannya, sampe akhirnya dirilis resmi oleh Warriors Records, kenapa dalam bentuk kaset? Ada cerita-cerita menarikkah selama pengerjaan album?
  
Album This is Fun, This is Oi! This is TENHOLES memang kita yang menawarkan diri ke Warriors records untuk dapat merilis debut album kita. Karena kita melihat Cuma Warriors Records pada saat itu yang paling tepat untuk menjadi rumahnya musik untuk Oi!Celticpunk seperti Tenholes. 

Album itu lahir memang didedikasikan untuk Alm. Botaka sebagai salah satu pendiri Tenholes. Hampir di tiap lagu yang ada di album This is Fun banyak menceritakan masa-masa liar Tenholes bersama almarhum. Bahkan titel debut album itu diambil dari salah satu celetukan Almarhum Bo disebuah gig. Sebuah tagline yang sangat membekas buat tiap personil hingga pantas buat dijadikan titel album Tenholes. Album pertama ini dibuat dalam bentuk kaset memang kebijakan dari label menimbang sangat  rawannya pembajakan jika dirilis dlm bentuk cd selain itu cost produksi duplikat kaset jauh lebih murah dibanding cos produksi CD. 

Cerita menarik lebih banyak pada saat pembuatan lagu terutama “Semua Sodara” lagu itu dibuat Cuma dalam waktu beberapa jam (diluar aransemen) lirik lagu yang mampu buat sipenulis lirik nangis. Cengeng memang, tapi lo pasti tau rasanya ditinggal sama sahabat baik yang bener-bener deket sama kita. 

Proses rekaman juga distudio terpisah2, Take drum di Legend Studio, Gitar-bass-mandolin di studio rumahnya Bobby Stand Off, Vokal disalah satu studio kecil di cempaka putih demi mengejar minimum cost produksi. 

What/who is “Kenny” in Kenny Joy? 

Hahaa, akhirnya ada yang nanya juga kenny itu siapa. Kenny itu bukan nama cewek ataupun orang. Buat yang suka pergi ke niteclub pasti tau ineks(xtc), dulu ineks suka disebut dalam asahab kilabnya disco goers dengan sebutan Keni. Lagu Kenny Joy emang nyeritain sisi lain beberapa personil Tenholes yang suka dugem untuk ngelupain kegalawan karena ditinggal pacar sampe terjun kedunia perkestasian. Ternyata XTC itu enak broooo hahahaaa..diliriknya juga ada kalimat Kenny dive into my life and robbed all my virginity yang cukup mewakili skinhead2 murtad yang pergi ke disko dan nyikat ineks di dalem club. (Jangan ditiru, dijamin ketagihan) hahaha  

FYI, “Back In The Days” is one of my fave song. Tahun lalu, saya sempat mendapatkan 2 lagu unreleased, yang kalian edarkan melalui surat elektronik; “Strong” dan “City Of Gold”, then suddenly this 2 songs became my another fave song too. Saya suka komposisi gitar yang bertemu rapatan vokal yang tipikal celtic-style banget. Kenapa 2 lagu tadi tidak diikutsertakan di album kalian dan lebih memilih untuk diedarkan secara online? 

Thanks udah suka sama BITD, FYI juga Back In The Days juga diambil dari salah satu dance event anak-anak Future10 / DJ Anton Wirjono dkk event paling seru menurut si penulis lagu hahaa. Sebenernya judul lagunya “Standing Strong” dan “City of Gold”, kenapa ga masuk di album? Dua lagu itu emang tadinya bukan ditujukan untuk Tenholes itu lagu projeknya Ukien dengan konsep akustik folk punk yang menggabungkan Dashboard Confessional dengan Angry Irish Men (if you know what I mean). Karena kurang PD untuk ngerjain projek itu sendirian, akhirnya yaudahlah itu lagu buat Tenholes aja karena proses pengerjaannya juga setelah Split album dirilis. Daripada sayang ga jalan-jalan tuh projek akhirnya diputusin bagi-bagi aja 2 lagu itu secara gratis di reverbnation dan via email blast.

Pernah kepikiran buat ngerilis materi kalian dengan format akustik?

Pernah banget, tapi ada beberapa personil kurang setuju dengan format itu. Mungkin saat ini belum saatnya kita buat format akustik album. Oneday maybe kalo belom bubar! 

So what’s Ten Holes recent activity? Planning buat album selanjutnya?  

Sekarang ini Tenholes cuma manggung-manggung aja sambil nyiapin untuk materi album/mini album/single apapun itu kita belumdapat materi yang pas buat mulai masuk studio. Doain aja ya biar proses pengerjaan materinya ga kelamaan. 

Any last words, mate?  

Jangan Berhenti!! Terus Bergerak!!!!


No comments:

Post a Comment