Tuesday, October 22, 2013

FAQ on Straight Edge w/ xmoshkidx from Brave Heart.

Hola, kali ini xmoshkidx ambil alih di postingan ini. Seharusnya postingan ini dijadwalkan untuk tayang di tanggal 17 Oktober kemarin bertepatan dengan perayaan Edge Day International atau lebarannya anak straight edge, tapi karena satu dan lain hal, jadi baru bisa diposting sekarang. Ya, saya juga gak bakal ngebahas apa itu edge day, karena saya punya cara ampuh buat kamu yang belum tau apa itu Edge Day, buka Google, ketik edge day, dan kamu pasti akan menemukannya di halaman pertama paling atas, terangkum jelas di sebuah situs bernama Wikipedia.


Dibawah ini adalah beberapa pertanyaan yang sering timbul sejak dulu kala dan sampai saat ini. Beberapa minggu lalu gak sengaja saya menyimak seorang teman yang sedang berinteraksi dengan temannya melalui media sosial bernama twitter. Sebenernya biasa aja, tidak ada yang spesial dari interaksi itu sampai saya menemukan kalimat dimana temannya teman saya itu bilang kalo sxe itu tidak mengkonsumsi daging, dan dia menganggap orang-orang sxe itu hebat dan tidak makan daging adalah syarat utama untuk menjadi seorang straight edge. Karena dari itulah saya bergumam dalam hati, masih ada ternyata pernyataan-pernyataan yang bias. Tiada maksud menggurui di postingan kali ini, semua itu terserah bagaimana kalian menanggapinya, saya mencoba untuk memposisikan diri sebagai orang yang mau berbagi pemahaman aja sih sebenernya. Ohh, happy belated edge day everyone, stay sharp!

Beberapa pertanyaan yang (masih) sering muncul soal Straight Edge;

1. Straight edge itu gak makan daging yah? 
Yang straight edge itu belom tentu vegetarian, dan yang vegetarian belom tentu straight edge. Straight edge itu bukan vegetarian, begitu juga sebaliknya. Straight edge itu meliputi: dont smoke, dont drink or do drugs, and no promiscuity sex (seks yang sembarangan). Jadi kalo kamu mau jadi straight edge, jangan khawatir kalo kamu takut gak bisa makan daging, kecuali kamu mau jadi seorang vegetarian.

2. Apa straight edge itu tidak melakukan hubungan seks sebelum menikah?

Point terakhir yang ditentang oleh straight edge adalah "dont fuck", secara harfiah tentu ini diartikan "jangan ML". Tapi, point terakhir ini memang diartikan beda-beda oleh masing-masing straight edge yang saya temui dan juga dari beberapa pendapat yang saya baca di internet. Ada yang mengartikan "dont fuck" itu sebagai larangan untuk melakukan seks bebas, atau seks diluar nikah, tetapi ada juga yang mengartikan "dont fuck" itu sebagai larangan untuk tidak melakukan hubungan seks sembarangan (dengan PSK misalnya), dan dari kedua pengertian yang saya sebutkan tadi, tak ada yang salah, tak ada yang benar, semua kembali ke personal masing-masing. Straight edge bukan sesuatu yang suci, dan orang yang menganut straight edge juga cuma seorang manusia biasa, bukan malaikat yang hidup tanpa hawa nafsu. Straight edge adalah tentang bagaimana kita mengontrol diri kita sendiri.

3. Apa bedanya Straight Edge dengan agama? toh semua agama juga melarang umatnya untuk melakukan hal-hal yang sama dengan Straight Edge
Straight edge bukan agama. Yang paling jelas adalah, straight edge tidak pernah menyuruh kamu untuk beribadah kepada Tuhanmu seperti halnya agama menyuruhmu.

4. Kalo ada orang yang gak ngerokok, gak mabuk-mabukan, apa dia bisa dibilang seorang straight edge?
Straight edge adalah tentang bagaimana kamu melabeli dirimu sendiri. Kalo ada orang yang gak ngerokok, gak mabuk-mabukan, tapi tidak mengklaim diri dia sebagai seorang straight edge, maka jelas dia bukanlah seorang straight edge. Its all about how you claim yourself.

5. Tanda X di tangan, apa itu sebuah keharusan? Saya straight edge, tapi saya gak pede kalo harus pake tanda X di tangan saya.
Ini tergantung bagaimana perasaan kamu terhadap straight edge itu sendiri. Saya punya beberapa teman straight edge yang tidak pernah x'ed up (menandai tangan dengan simbol X) sama sekali, namun saya juga punya beberapa teman sxe yang selalu x'ed up di setiap gigs. Ada juga yang x'ed up hanya di momen-momen tertentu saja. Dan jawaban dari pertanyaan diatas adalah, itu semua kembali ke kamu secara personal. Buat saya, x'ed up itu sama dengan kebanggaan saya menjadi straight edge. Sama dengan mohawk-nya anak punk, sama dengan gondrong-nya anak metal, sama dengan boots-nya anak skinhead. Tentang kebanggaan akan menjadi sesuatu.

6. Kalo saya jadi straight edge, masih boleh nongkrong sama yang bukan straight edge?
Jangan nyusahin diri sendiri, silahkan bergaul dan nongkrong sama siapa aja dan dimana aja, be good to each other, be influenced. Saya pribadi pun main tanpa batasan, saya punya sahabat yang adiksi dengan ganja, pun berteman baik dengan seorang alkoholik selama mereka asik-asik aja ya kenapa saya harus gak asik sama mereka? Straight edge tidak mengatur kamu untuk berteman dengan orang orang tertentu saja.

7. Kalo saya jadi straight edge, kemudian sell-out, dan kemudian saya mau balikan jadi straight edge lagi, boleh?
Boleh, kalo kamu masih sayang ya silahkan balikan *sori. hahaha.. Hal yang pertama yang harus kamu lakukan adalah, tanyakan ke diri kamu sendiri tentang motif kamu menjadi straight edge. Straight edge juga mencakup komitmen, komitmen kepada diri kamu sendiri, jadi kalo kamu bermain-main terhadap satu komitmen, maka kamu secara tidak langsung juga bermain-main sama diri kamu sendiri. Terlalu serius ya? haha, kalo kamu jawab iya, it means kamu yang terlalu serius menanggapi ini. Straight edge menuntun kamu untuk bertanggung jawab dan kontrol terhadap diri sendiri yang berujung kepada pengambilan keputusan. Simpel.

8. Kalo mau jadi straight edge gimana sih? daftar dimana?
Hahaha, ini adalah inside joke alias becandaan saya dan teman-teman saya. Tapi ada ketakutan sendiri buat saya kalo aja becandaan ini dianggap serius oleh beberapa orang (ya namanya juga sosial media). Jadi gini, untuk jadi straight edge ga ada tempat daftar ataupun formulirnya, ini bukan organisasi, dimana ada daftar keanggotaan atau hal-hal yang berkaitan dengan birokrasi atau apalah itu. Sekali kamu memutuskan dan mengklaim diri kamu straight edge, saat itu kamu sudah menjadi straight edge.
 



1 comment: