Tuesday, June 17, 2014

Review: Stand Clear – Starting Point

pic: stolen from Deserter-Act
Oyeah! Setelah sempat membocorkan satu lagu dari materi album mereka beberapa bulan lalu, akhirnya, album dari Stand Clear yang berjudul Starting Point rilis juga. Seperti yang pernah saya bilang di tulisan tentang upcoming rilisan mereka (di blog ini) beberapa bulan sebelumnya, rasa penasaran yang menghantui saya selama ini terbayarkan sudah. Memuat sepuluh track yang bergantian menghantam telinga saya, kamu dan kita semua, khususnya mereka yang mendalami dan haus akan band-band youth crew. 

Raungan senar yang di-bending di awal The Crowd yang juga track pertama di album ini adalah tanda bahwa kamu tak boleh melewatkan satu pun dari semua track setelahnya. Di setiap sesi review, saya selalu menaruh harapan yang lebih terhadap sebuah lagu yang didaulat sebagai judul album. Starting Point menjawab itu semua, pattern chord yutkru yang menempel dengan repetan vokal, lirik yang positif, you know i want it. Ohya, saya sangat suka spoken word di tengah-tengah lagu ini. (For a minute i thought that’s Jimbul’s voice, tapi ternyata bukan), sungguh gimana gitu, tak bisa berkata-kata. 


Bagaimana dengan track lain? Well, kamu mungkin sudah tidak asing dengan Face The Reality (another my fave song) yang lebih dahulu di-unggah sebagai pemanasan. Dan sepertinya memang di lagu ini karakter suara sang vokalis mulai “memanas” dan terasa lebih keluar dari 2 track sebelumnya.
Track-track baru seperti, Passion and Ambition, Time, dan Dedication, bersandingan dengan Choose Your Own Path, Drug Free Youth dan Just Do The Edge yang mereka ambil dari Demo pertama mereka dan memutuskan untuk merekamnya kembali. Seperti tipikal ben youth crew kebanyakan, divisi lirik di album ini tentunya banyak berbicara tentang (dan membawa) pesan positif yang siap mereka tularkan ke banyak orang. Ohh, there’s sumthin about passion too.

Terlepas dari stigma yang menempel tentang musik mereka yang banyak orang bilang “Mindset banget..” , album yang dirilis oleh Here To Stay Recs dalam bentuk CD dan Angry Youth Recs dalam format kaset telah menjadi sebuah perpanjangan tangan dari eksistensi sebuah skena hatkor lokal, khususnya Bogor yang merupakan kota asal mereka.

Ini rekomendasi saya buat kamu yang mencintai hardcore dan menggilai musik youth crew ala Youth Of Today, Insted, The First Step, ataupun Mindset. Ohya, ada Glue dari SSD di track terakhir!
(dodski/uxb)

No comments:

Post a Comment