Wednesday, September 24, 2014

FINAL ATTACK - LENGTH OF TIME: COVER SERIES

Jika kamu belum tau, Length Of Time adalah rilisan ketiga dari ben hatkor paling produktif di Jakarta yaitu Final Attack. Setelah merilis demo mereka di 2005, Legitimate Threat di tahun 2008, dan selang setahun CDEP dari Final Attack yang berjudul Length Of Time rilis, tepatnya di 2009 dan tentunya dirilis oleh label paling influential saat itu the mighty Firstnote Records! (where are you Uncle G?)

Ada hal yang mungkin juga belum kamu tau sampe saat ini. EP ini adalah spesial buat saya pribadi, karena ini adalah satu-satunya rilisan Final Attack yang punya cover dengan 3 versi berbeda (walaupun sebenarnya hanya satu versi saja yang beredar) dan setiap versi memiliki momen yang berbeda, dan beruntungnya saya punya ketiga versinya.


1. Test Print cover. 


Sebulan sebelum CD EP ini rilis, Firstnote Records ngebuka sistem pre-order. Di-bundle seharga (hanya) 60 ribu, semua orang yang ikutan pre order bakal dapet satu CD, satu Tshirt FA - The Germs Rip Off, satu Sticker, dan satu Patches. Saya adalah satu dari sekian orang yang ikutan pre order ini, too bad i didnt get my patches coz (im not sure if) they're out of stock. Sebagai barternya, Uncle G memberikan CD ini dengan cover Test Print yang cuma dicetak 2 pcs, dan berwarna orange dan dibalut dengan ekstra cover sebagai penanda CD pre order. HA!

2. Indra "The Don" Chino's Birthday Edition cover.



Lama tak terdengar kabar, Uncle G mengabari saya awal tahun 2013 dan bercerita tentang Firstnote yang akan back on track lagi. Satu kabar yang bikin saya super excited, at that time i was like,"Okay, its a good news, Firstnote is back, hopefully its real"

We've talked a lot of things, dan sempat terlontar ide untuk me-reissue cover Length Of Time untuk didistribusikan di beberapa tempat. Rencananya, saya, Ipul (Grave Dancers), dan Ito (Madafaka Records) adalah tiga orang yang ditugaskan masing-masing oleh Uncle G untuk membuat katakanlah artwork di project reissue cover ini. Dan sebelum itu, Uncle G mengirimi saya sebuah CD Length Of Time dengan cover edisi ulang tahun Indra Chino, a good friend of ours dan gitaris dari Final Attack. 

Cover ini hanya dibuat sebanyak 5 pcs, seingat saya, Uncle G mengirimi saya 1 pcs, dan sisanya dikirim ke Chino untuk dibagikan ke temen-temen dekat. Selepas mengirimi saya itu, Uncle G (kembali) menghilang dan project reissue cover CD Length Of Time yang sempat terlontar sebelumnya resmi dinyatakan batal setelah banjir melanda Jakarta dan merendam habis seluruh materi Length Of Time di rumah Uncle G di kawasan Galur, Jakarta Pusat.

3. Length Of Time - Original Version cover


Yang ini adalah cover dari Length Of Time yang beredar. The original ones dengan warna yang dominan biru. Sudah seminggu ini saya kepikiran tentang cover ini karena mengingat saya sudah punya 2 CD EP ini dengan 2 cover yang berbeda, jadi rasanya kurang lengkap jikalau belum punya versi yang ini. Thank you so much buat Indra Chino yang ternyata masih menyimpan cover versi ini dengan kondisi yang sangat ciamik.

Selain soal cover, ada beberapa fakta menarik (yang masih saya ingat) dan membuat EP ini terasa sangat spesial. Diantaranya adalah kemunculan Mario Ganzamo of Looserz di track Untitled. Sesi rekam vokal EP ini dilakukan beberapa bulan sebelum Ganzamo meninggal karena kecelakaan (RIP!). Di sektor drum adalah debut rekaman Hendro (A Thousand Punches) bersama Final Attack setelah sebelumnya Isan (ex-Kuro!/Feel The Burn) sempat mengisi posisi drummer di album pertama. Namun, ketika EP ini rilis, Hendro memilih untuk mundur dari FA, yang kemudian posisinya digantikan oleh Ikhsan (xBelievex/6 Rounds) sampai saat ini.

Dan jika kamu bertanya-tanya tentang gambar apa yang dijadikan cover EP ini, saya punya sedikit clue yang mungkin bisa menjelaskan; Joneh adalah personal yang suka design dan memotret, di cover ini adalah sebuah foto (saya lupa itu siapa yang difoto) yang diambil dengan speed yang lambat ditambah tehnik yang digoyang-goyang agar ada guratan-guratan bayangan dan lampu (i dunno what the fukk im talking about haha!) sehingga menghasilkan foto seperti yang di cover tersebut. Kenapa foto itu yang dipilih, karena pada waktu itu kita semua lagi seneng sama Sinking Ships, dan ketika saya tanya Joneh, dia simpel menjawab,"biar kaya Sinking Ships!"

Ps: Check the other colors of this EP's cover by clicking its here
 

No comments:

Post a Comment