Wednesday, April 1, 2015

FINAL ATTACK'S LEGITIMATE THREAT IS BACK AGAIN ON CASSETTE!

Rasa-rasanya seperti baru kemarin album perdana Final Attack yang bertajuk Legitimate Threat dilepas ke pasaran. 7 tahun lalu, Final Attack adalah satu dari sekian banyak band hardcore baru yang tak begitu diandalkan. Baru, karena baru ada di tahun 2004, baru karena waktu itu strata sosial band hardcore masih ditentukan oleh tahun berapa berdiri dan siapa saja yang ada di dalam band.
Album ini adalah seperti bom waktu yang akhirnya meledak di tahun 2008, penantian yang cukup lama karena akhirnya ada band baru yang merilis album baru, dan dirilis oleh record baru. Dan memang pada akhirnya, era baru dalam hardcore akhirnya pun tiba di 2008.
Tak bisa dipungkiri, Final Attack adalah satu band yang aktif pada saat itu (bahkan sampai saat ini), dan berhasil memberi pengaruh pada scene lokal khususnya scene Jakarta. Jika ada pertanyaan album lokal hace favorit sepanjang masa, maka Legitimate Threat adalah jawaban yang pertama kali saya berikan. Dari intro (instrumental hiphop) yang tak pernah terpikirkan oleh saya sebelumnya, sampai hidden tracks yang biasa mereka mainkan di awal-awal gigs mereka. Dari aransemen musik yang ganas nan agresif, sampai lirik yang jujur dan bandel. Sungguh ini adalah kombinasi yang menarik yang datang dari sekumpulan anak hardcore yang dulu dipandang sebelah mata karena terlihat shinny dan mewah, tak cocok dengan 'konsep' hardcore yang apa adanya, waktu itu.
Kehormatan untuk merilis ulang album ini adalah pencapaian tertinggi saya bersama record label yang baru saja saya mulai dan belum sampai seumur jagung ini. Ray Cappo pernah bilang, "My fave band is my best friends!", betul adanya, saya bersahabat dengan band-band favorit saya, termasuk Final Attack. Tumbuh dan berkembang menyaksikan jatuh-bangunnya scene Jakarta sejak 2004 sampai sekarang adalah hal yang masih kami lakukan. Dengan maksud mendokumentasikan, mengingatkan, dan memberi informasi kepada kamu semua bahwa jauh sebelum Final Attack ada di level yang sekarang ini, mereka punya album Legitimate Threat yang menginspirasi banyak orang dan membuat standar baru di scene hardcore Jakarta.

Ini adalah satu dari sekian banyak hal yang sudah lama ingin saya lakukan. Semakin eksklusif karena saya berhasil mendapatkan forewords dari Uncle G of Firstnote Recs, records yang merilis album ini dan salah satu record penting di scene hardcore Jakarta. So guys, here is the line: DEBUT ALBUM FROM JAKARTA FINEST HARDCORE BACK AGAIN FOR THE FIRST TIME IN 7 YEARS ON CASSETTE!

order starts tomorrow!
XXX

1 comment: